20 Makanan Untuk Ibu Hamil yang Bagus Bagi Kesehatan Janin

4 min read

ylliX - Online Advertising Network

Makanan Untuk Ibu Hamil – Setiap perempuan yang sedang mengalami masa-masa kehamilan tentu wajib menjaga kesehatan baik dirinya maupun janin di dalam kandungan. Oleh karena itu mereka dianjurkan melakukan olahraga ringan secara rutin serta memperhatikan asupan gizi yang di konsumsi.

 

Nah pada kesempatan kali ini akan menjelaskan mengenai apa saja makanan untuk ibu hamil yang bagus bagi kesehatan dirinya dan si calon bayi. Jenis makanan tersebut sangat mudah kita dapatkan di pasar swalayan dan sejenisnya.

 

Disamping itu, para ibu hamil juga wajib mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari. Kembali lagi, hal ini tentu bertujuan agar kondisi kehamilan tetap terjaga. Khususnya bagi kesehatan janin.

 

Salah satu makanan yang dilarang untuk ibu hamil adalah ikan yang mengandung merkuri tinggi. Senyawa kimia tersebut bisa berakibat fatal bagi kondisi janin di dalam kandungan. Meskipun demikian, kalian tetap bisa menyantap ikan Salmon yang telah terbukti memiliki manfaat baik bagi kesehatan.

 

 

Daftar Makanan Untuk Ibu Hamil yang Bagus Bagi Kesehatan Janin

 

Makanan Untuk Ibu Hamil yang Bagus Bagi Kesehatan Janin

 

Sampai disini tentu kalian semakin penasaran apa saja sih makanan yang baik dan buruk bagi ibu hamil ? baiklah, untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut kami sajikan penjelasan lengkapnya. Selain itu, kami juga mempunyai beberapa tips untuk menjaga kehamilan tetap sehat dan si calon bayi bisa lahir tanpa cacat.

 

Makanan Untuk Ibu Hamil

 

Makanan Untuk Ibu Hamil

 

Sebagai ibu hamil menjaga kesehatan janin dan dirinya merupaka hal yang wajib dilakukan. Selain itu, asupan gizi yang di konsumsi juga tidak boleh luput dari perhatian. Oleh karena itu, berikut ini kami telah merangkum beberapa makanan yang baik di konsumsi oleh para ibu hamil :

Read More :  20 Makanan Untuk Asam Lambung : Anjuran & Pantangan

 

1. Bayam

 

Bayam

 

Makanan untuk ibu hamil yang pertama adalah Bayam. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin A, C dan K. Selain itu, sayur Bayam juga bisa dimasak menjadi berbagi olahan yang nikmat.

 

2. Brokoli

 

Brokoli

 

Selain Bayam ibu hamil juga bisa mengkonsumsi Brokoli. Sayuran ini memiliki kandungan kalsium, beta karoten, indoles dan isotiosianat yang baik untuk kesehatan. Selain itu, Brokoli juga memiliki senyawa asam float yang mampu meminimalisir resiko bayi lahir cacat.

 

3. Tomat

 

Tomat

 

Selanjutnya ada Tomat yang bisa dijadikan sebagaikan makanan untuk ibu hamil. Di dalam sayuran Tomat terdapat kandungan vitamin C yang baik untuk pembentukkan tulang, gigi dan gusi bagi janin. Disamping itu, vitamin C di dalam Tomat juga akan membantu proses penyerapan zat besi.

 

4. Daging

 

Daging

 

Selain bisa dimasak menjadi banyak olahan yang lezat, nutrisi di dalam Daging juga baik untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Nah, bagi kalian yang mungkin sedang menjalani masa kehamilan bisa mengkonsumsi Daging secara rutin.

 

5. Ikan Salmon

 

Ikan Salmon

 

Ikan Salmon merupakan makanan hewani yang kaya kandungan asam lemak omega-3. Zat tersebut sangat baik bagi kesehatan jantung. Bukan hanya itu, kandungan asam lemak omega-3 juga baik untuk pekembangan otak dan mata si janin.

 

6. Air Kelapa

 

Air Kelapa

 

Untuk ibu hamil juga dianjurkan untuk rutin meminum air kelapa murni. Berbagai kandungan alami yang tersimpan di dalamnya mempunyai manfaat yang bagi ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

 

7. Telur

 

Telur

 

Kemudian makanan untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah Telur. Makanan yang satu ini bisa kalian oleh menjadi telor mata sapi, telor dadar dan lain sebagainya. Disamping itu, protein yang terkandung dalam satu butir telur memiliki manfaat bagi sel-sel janin.

 

8. Susu Hamil

 

Susu Hamil

 

Bagi yang sedang menjalani masa kehamilan kami sarankan untuk rutin meminum susu hamil. Perlu kalian ketahui jika susu hamil itu memiliki kandungan asam float yang mampu mencegah si bayi lahir cacat sekaligus baik untuk kesehatan si ibu hamil.

Read More :  Apa Bentuk Upacara Penggalang : Jenis Upacara dan Tata Caranya

 

9. Yoghurt

 

Yoghurt

 

Yoghurt tidak hanya memiliki citarasa yang lezat, akan tetapi memiliki banyak manfaat yang baik bagi ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Hal tersebut sudah dibuktikan kebenarannya oleh orang-orang di bidang kesehatan.

 

10. Roti Gandum

 

Roti Gandum

 

Selain memiliki manfaat sebagai sumber karbohidrat, roti gandum juga memiliki segudang manfaat bagi ibu hamil dan janinya. Salah satunya adalah kandungan vitamin C yang mampu menjaga stabilitas kesehatan ibu hamil.

 

11. Umbi-umbian

 

Umbi Umbian

 

Makanan bagi wanita hamil yang lainnya adalah umbi-umbian. Makanan ini memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak. Manfaat vitamin A bagi ibu hamil sendiri adalah untuk pertumbuhan sel dan jaringan.

 

12. Nasi Merah

 

Nasi Merah

 

Terakhir, kami merekomendasikan nasi merah sebagai makanan untuk ibu hamil. Zat yang terkandung di dalam satu piring nasi merah mampu menjadi sumber karbohidrat. Sehingga ibu hamil bisa memiliki energi lebih.

 

Makanan Tidak Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

 

Setelah mengatahui beberapa makanan untuk ibu hamil, tentu kalian juga harus mengetahui soal makanan atau minuman apa saja yang harus dihindari oleh ibu hamil. Nah, berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh di konsumsi oleh ibu hamil :

 

Makanan yang Tidak Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

 

1. Suplemen Vitamin / Minyak Ikan

 

Pertama adalah suplemen vitamin atau minyak Ikan. Kami sarankan para ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan alami sebagai sumber vitamin seperti buah dan sayuran.

 

2. Minuman Beralkohol

 

Minuman Beralkohol

 

Selanjutnya adalah minuman beralkohol. Selain tidak bagus untuk ginjal dan lambung, dengan mengkonsumsi minuman beralakohol di  masa kehamilan bisa berakibat fatal bagi ibu dan janin yang dikandungnya.

 

3. Kopi

 

Kopi

 

Selain minuman beralkohol, ibu hamil juga tidak dianjurkan meminum kopi. Hal ini dikarenakan kandungan kafein di dalamnya akan mempengaruhi kesehatan lambung sekaligus janin yang ada di dalam kandungan.

 

4. Jeroan

 

Jeroan

 

Jeroan merupakan jenis sumber protein hewani yang juga tidak bagus di konsumsi oleh ibu hamil. Jadi, kami sarankan bagi para ibu hamil untuk mengindari makanan ini. Kalian bisa menggantinya dengan daging sapi non lemak atau yang lainnya.

Read More :  Cara Bayar Shopee Pakai Dana Paling Mudah 2020

 

5. Jus Buah Tanpa Pasteurisasi

 

Jus Buah Tanpa Pasteurisasi

 

Kemudian bagi para ibu hamil juga dilarang meminum jus buah yang belum melewati proses pasteurisasi. Kenapa demikian, karena buah yang digunakan tidak bisa terjamin kebersihannya. Selain itu, hal tersebut juga bisa berakibat buruk bagi si janin.

 

6. Susu Tanpa Pasteurisasi

 

Susu Tanpa Pasteurisasi

 

Susu masuk dalam kategori minuman dan makanan untuk ibu hamil. Akan tetapi jika susu tersebut belum mengalami proses pasteurisasi maka sama hal nya dengan jus tanpa pasteurisasi, yaitu diragukan kebersihannya dan bisa berdampak kurang baik bagi ibu maupun janin di dalam kandungan.

 

7. Steak yang Dimasak Setengah Matang

 

Steak yang Dimasak Setengah Matang

 

Steak yang dimasak setengah matang juga tidak dianjurukan untuk di konsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan steak yang tidak matang besar kemungkinan masih mengandung parasit jahat yang berbahaya bagi kesehatan janin.

 

8. Ikan Dengan Kadar Merkuri Tinggi

 

Ikan Dengan Kadar Merkuri Tinggi

 

Terakhir, ibu hamil juga dianjurkan untuk tidak menyantap olahan dari ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi. Perlu diketahui jika senyawa kimi tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan janin. Oleh karena itu, kalian bisa menggantinya dengan ikan salmon yang memang dianjurkan sebagai makanan untuk ibu hamil.

 

Tips Menjaga Kehamilan Tetap Sehat

 

Tips Menjaga Kehamilan Tetap Sehat

 

Setiap perempuan yang sedang menjalani masa kehamilan tentu tidak ingin kehamilannya terancam karena jatuh sakit. Oleh karena itu, kami telah menyiapkan beberapa tips untuk menjaga kehamilan tetap sehat, baik untuk ibu atau janin di dalam kandungan :

 

 

    • Perbanyak mengkonsumsi makanan bergizi.

 

    • Rajin meminum vitamin Prenetal.

 

    • Lakukan Olaraga ringan secara rutin.

 

    • Kurangi kebiasaan buruk.

 

    • Hindari memikirkan sesuatu yang bisa menyebabkan setres.

 

    • Rutin melakukan pemeriksaan Prenatal.

 

    • Tidur yang berkualitas ( minimal 8 jam sehari ).

 

    • Menjaga berat badan agar tetap Ideal.

 

 

Daftar makanan dan minuman yang baik bagi ibu hamil rata-rata memiliki citarasa yang lezat, contohnya daging. Makanan ini tidak hanya memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, tetapi juga bisa dioalh  menjadi menu masakan yang nikmat. Bahkan beberapa makanan ibu hamil diatas juga ada yang baik untuk menjaga kesehatan lambung dan mencegah asam urat.

 

Biarlah Allah Yang Menulis Kisahmu Dengannya, Tugasmu Hanya Bersabar…

Untuk apa sibuk mencari kesana kemari, untuk apa KEPO terhadap kisah orang lain yang tiba-tiba bertemu dengan jodoh, dan untuk apa pula menggerutu dalam...
admin
1 min read

Lemahnya Hati Ditandai Dengan Senangnya Hati Saat Dipuji, Dan…

Lemahnya keadaan hati yang kita miliki, yaitu ditandai dengan senangnya hati saat dipuji, dan merasa kesal saat dinasehati. Maka, berhati-hatilah jika hatimu terlalu menyenangi...
admin
1 min read

Berpura-pura Baik Untuk Mendapatkan Jodoh Yang Baik Itu Sangatlah…

Dewasa ini banyak sekali seseorang menggunakan cara licik untuk mendapatkan pendamping yang diingininya, tak sedikit yang berpura-pura baik dan berkata manis hanya untuk mendapatkan...
admin
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *